Aplikasi Zoom dan Google Meet untuk Webinar dan Cara Penggunaannya

IT & Software | 07 Mar 4 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono
Aplikasi Zoom dan Google Meet untuk Webinar dan Cara Penggunaannya

Sebelum melakukan aktivitas seminar jarak jauh lewat web, alias webinar melalui aplikasi online, Anda perlu mengetahui cara membuat webinar di Zoom dan Google Meet. Kedua aplikasi ini memang sangat cocok dijadikan pilihan untuk melakukan kegiatan webinar yang telah direncanakan.

Pada dasarnya, mudah saja menggunakan kedua aplikasi ini dalam kegiatan webinar. Namun, jika Anda masih bingung, tidak ada salahnya menyimak informasi pada artikel Qubisa kali ini. 

Cara Membuat Webinar di Zoom dan Google Meet

Cara Membuat Webinar Menggunakan Zoom

Membeli Plan Zoom

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memulai webinar dengan menggunakan Zoom adalah membuat perencanaan, mulai dari berapa jumlah peserta yang akan mengikuti webinar, materi yang dibawakan, pelaksanaan virtual meeting zaman now, siapa audiensnya, dan sebagainya. Aplikasi Zoom memiliki berbagai macam pilihan plan (paket), baik gratis maupun berbayar, yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan webinar yang hendak dilakukan.

Lakukan Proses Registrasi

Anda harus membuat proses registrasi untuk peserta. Dalam proses ini, Anda dapat memilih, apakah peserta yang ingin mengikuti webinar harus melakukan registrasi terlebih dahulu atau tidak. Jika Anda memilih Ya, akan ada dua pilihan yang tersedia, apakah ingin meng-approve peserta secara manual atau secara otomatis.

Menentukan Jadwal dan Mengundang Panelis

Jika dua hal di atas tadi telah berhasil diselesaikan, langkah selanjutnya adalah menentukan jadwal webinar yang telah direncanakan dan melakukan proses pengiriman undangan terhadap panelis atau narasumber untuk mengisi webinar yang akan diadakan.

Undang juga Pesertanya

Peserta memiliki peranan yang penting dalam sebuah acara. Acara akan gagal jika tidak ada peserta yang hadir. Dalam proses membuat webinar dengan menggunakan aplikasi Zoom ini, Anda dapat mengundang peserta dengan mengirim link secara langsung agar peserta bisa bergabung pada room yang telah disediakan.

Menjalankan Kegiatan Webinar

Setelah cara di atas selesai dilakukan, artinya proses pembuatan room untuk webinar telah selesai. Selanjutnya, sebagai cara pamungkas, Anda dapat langsung praktik dan melakukan webinar sesuai dengan tahapan yang telah disebutkan di atas.

Dalam pelaksanaan kegiatan webinar, ada hal yang perlu Anda antisipasi, yaitu kemungkinan adanya gangguan pada meeting Zoom. Maka, ada baiknya Anda mempersiapkan form pendaftaran atau registrasi, dan hanya peserta yang terdaftar saja yang bisa mengikuti webinar atau meeting Zoom yang Anda selenggarakan

Cara Membuat Webinar di Google Meet

Mengunduh atau Mengakses Aplikasi

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi Zoom, untuk bisa menggunakan aplikasi Google Meet, Anda bisa langsung mengunduhnya. Aplikasi ini bisa digunakan melalui perangkat gadget maupun browser di komputer atau laptop.

Mulai Membuat Room Baru

Selanjutnya, proses ini menjadi bagian yang cukup penting dan tidak boleh dilewatkan. Bahkan, membuat room ini menjadi penentu keberhasilan penyelenggaraan webinar. Jadi, setelah melakukan proses pengunduhan Google Meet, Anda perlu login dengan akun Google dan membuat room untuk webinar.

Mengundang Peserta

Setelah room untuk webinar berhasil dibuat, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengundang peserta yang akan ikut andil dalam acara tersebut. Ada beberapa  cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengundang peserta webinar.

Anda bisa mengundang peserta melalui link yang tersedia dengan cara menyebarkan kepada orang-orang yang memang akan menghadirinya, atau bisa juga menggunakan kode yang telah tersedia dalam aplikasi Google Meet. 

Kelebihan Aplikasi Zoom dan Google Meet

Kelebihan Aplikasi Zoom

Sebelum Anda membuat acara webinar menggunakan aplikasi Zoom, Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja kelebihan aplikasi ini. Zoom berkapasitas hingga 100 peserta pada satu kali penyelenggaraan webinar. Tersedia juga berbagai macam pilihan paket berbayar untuk berlangganan dengan kapasitas peserta yang lebih besar.

Menggunakan aplikasi ini, Anda juga bisa melakukan siaran langsung ke sejumlah media sosial pilihan. Hal ini, menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki aplikasi Zoom. Selain itu, aplikasi Zoom juga memiliki fitur canggih yang disebut polling, dan terdapat kotak dialog untuk melakukan proses tanya jawab. 

Kelebihan Aplikasi Google Meet untuk Webinar

Google Meet memiliki berbagai macam fitur gratis yang tentu saja sangat menguntungkan untuk digunakan. Aplikasi ini terkenal dengan sejumlah kemudahan yang disediakan untuk para penggunanya. Cara dan proses membuat room-nya pun terkesan lebih sederhana dibandingkan dengan Zoom.

Google Meet bisa menampung peserta dengan jumlah 100 orang dan durasi rapat mencapai 60 menit untuk satu kali rapat. Bahkan terdapat sejumlah fitur lanjutan yang bisa dipilih oleh para pengguna. Dalam fitur lanjutan tersebut, Google Meet mampu menyediakan akses bagi lebih dari 250 peserta webinar.

Keunggulan lain, pengguna bisa melakukan proses live streaming, bahkan bisa menyiarkan webinar hingga lebih dari 100.000 audiens dalam satu domain yang tersedia.

Itulah informasi perihal cara membuat webinar di Zoom dan Google Meet, serta berbagai keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing aplikasi. Anda yang ingin membuat webinar bisa mencari berbagai tema dan materi di webinar Qubisa

Jika Anda memiliki keahlian tertentu, Anda bahkan bisa mendaftarkan diri menjadi instruktur di Qubisa. Untuk diketahui, Qubisa adalah platform belajar online Indonesia. Di sini, tersedia berbagai materi pengembangan diri, human resource, leadership atau kepemimpinan, keuangan, dan sebagainya. Semoga bermanfaat. 

Artikel Terkait

Pengenalan Bahasa Pemrograman Java untuk Pemula

Bahasa pemrograman banyak macamnya, salah satu yang sedang populer sekarang ini adalah bahasa pemrograman java.

IT & Software | 22 Mar 4 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono

Langkah Mudah dan Cepat Belajar Edit Video dengan VSDC

Kebanyakan software edit video yang ada di internet rata-rata berbayar jika ingin menggunakan semua fitur yang tersedia secara bebas, dan harganya pun tidak murah

IT & Software | 22 Mar 3 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono

Cara Kerja dan Manfaat Artificial Intelligence

Kecerdasan buatan digunakan untuk berbagai bisnis atau industri. Cara kerja dan manfaat artificial intelligence dalam kehidupan manusia begitu besar.

IT & Software | 27 Apr 4 menit membaca
Aldhi Fajar Maudhi Aldhi Fajar Maudhi

Artikel Populer


Topik Artikel


Platform Pelatihan yang Tepat

 

Platform pelatihan yang efektif dan efisien bagi Perguruan Tinggi
dengan benefit yang sangat menguntungkan

Ke Atas