Kenali Perbedaan Mentoring, Coaching, dan Counseling

Teaching & Academics | 07 Mar 3 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono
Kenali Perbedaan Mentoring, Coaching, dan Counseling

Walaupun istilah mentoring, coaching, dan counseling sudah cukup familiar bagi Anda, tetapi masih ada saja yang belum memahami sepenuhnya tentang ketiga hal tersebut. 

Mentoring merupakan istilah yang berbeda dengan coaching dan juga counseling. Mentoring adalah proses belajar yang dilakukan oleh mentor bersama mentee

Lalu, apa yang dimaksud dengan coaching dan counseling? Apakah tujuan dari ketiga kegiatan ini? Agar lebih memahami perbedaan mentoring, coaching, dan counseling, mari baca artikel Qubisa kali ini sampai selesai.

3 Perbedaan Mendasar antara Mentoring, Coaching, dan Counseling

Proses Pelaksanaan

Jika ditinjau dari proses pelaksanaannya, mentoring adalah kegiatan belajar yang menghadirkan seorang ahli dalam bidangnya untuk membimbing suatu kelompok dalam rangka peningkatan soft skill maupun hard skill. Dengan catatan, skill yang dikembangkan lebih merujuk pada kemampuan kelompok maupun perorangan. 

Berbeda dengan mentoring, definisi coaching dalam proses pelaksanaannya merupakan pendampingan yang dilakukan hanya pada satu individu tertentu, dengan tujuan individu tersebut bisa belajar banyak dan mendapatkan inspirasi dari coach atau pembimbingnya.

Pada proses coaching lebih ditekankan untuk meningkatkan kemampuan profesionalitas seseorang secara pribadi dalam melakukan suatu pekerjaan, seperti halnya pada leadership coaching. Pelatihan akan mengantarkan individu dalam mencapai tujuan dengan menggali ide dan kreativitas.

Sementara counseling adalah sarana konsultasi antara individu yang memiliki problematika dengan seorang konselor. Pelaksanaannya, bisa jangka panjang maupun pendek, bergantung pada lama atau cepatnya masalah tersebut terselesaikan.

Fokus dan Orientasi

Orientasi dan fokus dari mentoring lebih ditekankan pada kegiatan pendampingan. Hubungan ini bisa berlangsung jangka panjang antara sang mentor dan orang-orang yang tergabung dalam kelompok mentoring tersebut atau mentee. Misalnya saja pada mentoring bisnis, setelah kegiatan mentoring selesai nantinya pasti ada tindak lanjut yang memungkinkan hubungan antara mentor dan mentee berlangsung lebih lama.

Hal ini tentu saja berbeda dengan materi coaching and counseling. Sesi coaching yang lebih mengedepankan pendampingan daripada hubungan. Orientasi tersebut menyasar pada hal-hal yang langsung dibutuhkan oleh peserta, seperti keterampilan dan lain sebagainya. Nantinya, hubungan antara pelatih dan peserta tidak akan berlangsung dalam jangka panjang. 

Coaching lebih berfokus pada hasil yang mampu dicapai peserta setelah mengikuti pelatihan. Berbeda juga dengan counseling yang fokus dan orientasinya adalah memberikan pencerahan atau penjelasan mendalam pada berbagai hal kepada seseorang yang mempunyai masalah. Tak hanya itu, pada sesi penyuluhan ini, konselor akan memberi solusi untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

Agar sesi ini berjalan lancar, Anda bisa mempelajarinya dengan mengikuti pelatihan Tips Sukses Menjalankan Sesi Coaching, Coaching Vs Training, atau pelatihan lainnya.

Manfaat Coaching, Mentoring, dan Counseling

Jika dilihat dari proses pelaksanaan, fokus dan orientasi, mentoring tentu saja mempunyai manfaat dalam mengawal atau mengawasi progres individu ataupun kelompok dalam menjalankan suatu pekerjaan secara berkala. Dalam mentoring terdapat evaluasi, sehingga peserta bisa meningkatkan kemampuan mereka dan belajar dari kesalahan yang telah lalu. 

Sementara coaching, manfaatnya adalah untuk membantu Anda berpikir kreatif dalam mengembangkan ide untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tentu saja, ini bermanfaat bagi Anda yang akan membuka suatu peluang usaha baru berdasarkan keterampilan yang didapat dari coaching, ataupun pengembangan karir di kantor. Hasil yang didapatkan dalam performance coaching akan menjadi lebih lengkap kalau dipadukan antara materi coaching dan counseling

Itulah penjelasan mengenai mentoring, coaching, dan counseling. Kesimpulannya sudah terlihat jelas, bukan? Mentoring adalah sesuatu hal yang memang berhubungan dengan coaching dan counseling. Akan tetapi, ketiga hal tersebut memang mempunyai perbedaan yang signifikan. Semoga informasi dalam artikel edisi kali ini dapat menjawab rasa penasaran Anda tentang perbedaan antara mentoring, coaching, dan juga counseling.

Artikel Terkait

Mengenal Lembaga Sertifikasi dan Pendidikan Pelatihan Kerja

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) tumbuh subur, apalagi dengan dukungan teknologi yang terus berkembang, dunia kerja pun mengalami perubahan yang akhirnya berdampak pada meningkatnya kebutuhan skill tenaga kerja.

Teaching & Academics | 21 Jan 3 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono

Asah Kemampuan dengan Mengikuti Webinar Gratis

Untuk mengasah kemampuan berbicara di webinar itu penting. Sekarang ini, banyak webinar gratis bisa diakses dengan mudah di sosial media. Info webinar gratis juga sering dibagikan

Teaching & Academics | 30 Jan 3 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono

Fungsi Organ Homologi dan Analogi pada Tubuh Manusia

Homologi dan analogi mendukung lahirnya teori evolusi yang masih diperdebatkan. Berikut penjelasan tentang fungsi organ homologi dan analogi pada tubuh manusia

Teaching & Academics | 05 May 4 menit membaca
Jasmi Jasmi

Artikel Populer


Topik Artikel


Platform Pelatihan yang Tepat

 

Platform pelatihan yang efektif dan efisien bagi Perguruan Tinggi
dengan benefit yang sangat menguntungkan

Ke Atas